07/11/11

Hampir Emosi karena Gadget !!



Berawal dari niat saya mau meng-upgrade lagu lagu yang ada di gadget MP4 Creative Zen Vision :M 30 Gb. Dan saya meminta bantuan seorang teman saya, yang memang dia selalu menolong saya hihi, Bewa.
Sehabis makan ketupat, saya dan Bewa mulai membuka laptop. Maksud Bewa untuk menolong sangat baik, ia mencari upgrade-an terbaru untuk gadget saya. Saya yang tidak terlalu paham tentang hal ini, menyerahkannya pada Bewa.

Bewa say’s:
“Berawal dari kecerobohan saya untuk memasukkan file music ke gadget mp 4 My Creative Zen Vision:M 30GB. Awal mula saya berpendapat, untuk memasukkan file music tersebut harus dengan software bawaannya, seperti halnya I-Pod dengan software I-tunesnya. Lain halnya dengan  Creative Zen Vision:M 30GB ini, berbeda mungkin dengan gadget setara semacam i-pod, bahwa gadget ini tidak memerlukan software pendukung untuk proses transfer data ataupun file musiknya.
Untuk pengguna yang sudah menggunakan OS windows 7, sudah bisa langsung terbaca dan transfer data. Pada awalnya saya mendownload dari website resmi Creative yang memang menawarkan aplikasi-aplikasi pendukung dari gadget ini seperti, Creative ZENcast Organizer, Creative Media Explorer, Creative ZEN Vision:M 30 GB Firmware 1.62.02
Maksud hati hanya ingin mentransfer data, dengan cerobohnya saya juga melakukan upgrade firmware yang telah saya download. Awalnya memang tidak mengetahui apa yang akan terjadi, namun proses upgrade sudah berjalan setengah. sayapun tidak berani untuk langsung men-cancel proses tersebut.
 Benar ternyata, setelah installasi upgrade selesai, saya menemukan bahwa tombol gadget saya bermasalah. Fungsi dari tombol-tombol tersebut berantakan. Tidak sesuai dengan fungsinya dasarnya”. 

Alangkah paniknya, terutama saya…hihi. Tapi kita berdua langsung browsing mengenai permasalahan ini. Kita berusaha mencari solusi agar masalah ini kelar. Bayak artikel yang berkaitan dengan masalah saya tersebut, yang menganjurkan untuk meng re-upgrade kembali firmware yang sudah saya gunakan. Ada kemungkinan juga itu mungkin kerusakan hardware, bukan dari softwarenya.
Banyak kasus yang terjadi pada Creative Zen Vision:M 30GB adalah pada tombol touchpad yang ada. Banyak yang berkata bahwa touchpad tersebut kemungkinan sudah kotor, dan kemungkinan terberat adalah harus dibongkar dan bersihkan kembali. Panik saya bertambah, ketika Bewa sedang memback-up data data di gadget, gadget tiba-tiba nge-hang??? Hmmm, tunggu baterai abis dulu deh.
Saya dan Bewa mulai berfikiran untuk mencari Service center creative daerah Jakarta. Setelah saya cari-cari di google, banyak referensi mengatakan kalau service center creative itu di pada eMD PT. E-Media Devices Ruko Bahan Bangunan H2 No 19. Banyak yang berkata bahwa itu merupakan distro terkhir yang bisa mengatasi masalah creative. Namun sia-sia, ternyata sudah setahun yang lalu distro tersebut sudah tidak melayani creative lagi. 

Akhirnya, Bewa mendapatkan informasi bahwa service center creative tersebut ada di ATIKOM Kompleks Ruko Dusit Orion Blok D17. Benar ternyata mereka masih melayani creative. Sebelum Bewa kesana, dia sempat hubungi CS disana. Dan mereka menyatakan bahwa mereka tidak menerima service selain produk Creative bawaan ATIKOM sendiri. Tidak begitu sia-sia informasi yang Bewa dapat dari CS ATIKOM, Bewa dibantu untuk menangani masalah tombol tersebut dengan mencoba untuk mereset ulang setingan  awal. 

Akhirnya saya ketika dikantor tetap googling untuk permasalahan ini, begitupun Bewa ia juga kembali googling artikel yang berkaitan dengan cara proses reset pada My Creative Zen Vision:M 30GB. Bewa kemudian buka authorized site-nya Creative dan akhirnya menemukan solusinya disini, ternyata tinggal di clean up. Caranya: player mesti memiliki baterai yang cukup jadi harus di charge full sebelumnya karena nanti proses berikutnya akan cukup memerlukan daya baterai. Setelah itu dalam keadaan mati tekan dan tahan (hold) tombol power seperti akan dinyalakan kemudian pin kecil bagian bawah ditusuk. Sesaat setelah itu logo Creative akan muncul dan dengan cepat lepaskan tombol power yang tadinya ditahan. Setelah itu akan muncul menu Recovery Mode, pilih Clean Up. Proses clean up akan berlangsung agak lama dan setelah proses ini selesai pilih Reboot dan player akan Rebuilding sendiri. Proses dan lamanya akan mirip ketika kita memformat hard disk. Selesai deh… 

Bewa say’s:
“Memang harus memiliki keberanian tinggi untuk melakukannya. Pada awalnya saya memang ragu untuk melakukannya. Namun benar ternyata dengan cara semudah itu masalah tombol yang tidak sesuai dengan fungsinya kembali normal. Senang sekali rasanya! Ternyata ada cara yang gampang buat memperbaikinya”.

Alhamdulillah, gadget udah kembali normal, makasi Bewa, makasi Mbah Google, Makasi Crew : )

Salam Tya Sinor feat Chaniago : )

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar