02/12/11

ONLINE SHOP !!


“Ayo sist,,lagi ada sale,,,shawl nya lucu-lucu,,,,check album yaaa”…membaca kalimat seperti itu di wall facebook saya membuat saya penasaran, apa sih barangnyaaa??

Hmmm,,ternyata benar-benar lucu,,rada takut juga awalnya, kurang percaya..tapi karena temen udah ada yang pernah coba belanja Online Shop jadinya modal nekat dan nyoba deh hihih…
Eh alhamdulillah, sampai tuh barang yang saya transfer duluan uangnya...
 
Dari trafik yang tercatat salah satu situs e-commerce lokal, mayoritas warga Jakarta mulai keranjingan belanja online. Faktor ini didukung tingginya penetrasi internet yang kian memudahkan aktivitas di dunia maya.

Sebelum saya memutuskan membeli barang online shop, saya pertama melihat info dari online shop tersebut ada alamat dan no hp gaa,,trus liat coment coment dari para customer yang sudah pernah belanja disitu, saya liat komennya baik apa buruk hehehe….jadi intinya saya ga langsung kirim uang ..

Tips belanja online :
  1. Lakukan pengamatan atau riset mengenai alamat situs yang menyediakan toko online, anda bisa cek alamat,kontak person,YM,dll.
  2. Jangan terlalu mudah memberikan data pribadi anda,seperti KTP,SIM,Kartu Kredit,ATM,Rekening,dan Nomor HP anda.   
  3.  Cari Rekomendasi teman
        Rekomendasi teman mungkin lebih efektif. Jika anda memiliki teman yang sudah pernah        berebelanja di online shopp mungkin anda bisa coba tanya terlebih dahulu. Apakah online shopp yang pernah ia coba bagus, bagaimana pelayanannya, service dan juga kondisi barang setelah dibeli. Tanyakan semua pendapat mereka apakah postif atau negatif.

     4. Belanja yang relatif murah
Coba untuk berbelanja yang harganya tidak terlampau mahal terlebih dahulu, jika sewaktu-waktu barang yang anda terima tidak seperti yang anda harapkan andapun tidak merasa kecewa. 

     5. Pilih Online Shopp Terkenal
Coba pilih Online shop terkenal, biasanya online shopp yang sudah dikenal itu memiliki kepercayaan dan reputasi yang baik. Oleh karena itu tidak ada salahnya bagi anda yang ingin berbelanja online, pastikan juga ketersedian barang tersebut selalu ready stock sehingga anda lebih merasa puas dengan online shopp tersebut. Barang yang sering kosong akan membuat anda enggan untuk berbelanja.

 6. Catat Contact Onlie shopp
Jangan lupa untuk mencatat semua informasi online shopp tersebut untuk kebutuhan sewaktu-waktu atau mugkin anda bisa menghubungi langsung jika terdapat masalah complain barang yang anda beli.

  1. Ada baikknya anda juga cek harga yang tertulis di website dengan yang ada di toko kota anda. Lihat perbandingan harganya, terpaut jauh atau tidak.
  2. Setiap situs toko online pastinya mempunyai kebijakan/peraturan, perhatikan dengan teliti mengenai maksud dan isinya. Tanyakan juga kalau perlu jika barang cacat sampai diterima itu bagaimana kebijaksanaannya.
  3. Gunakan password yang berbeda di setiap transaksi, hal ini untuk mengantisipasi adanya pencurian data.
  4. Tanyakan apakah system belanjanya ada bukti yang dikirim via email dan print.
  5. Dalam transaksi biasanya tiap toko online akan menawarkan berbagai cara, contoh via : kartu kredit,Paypal,Transfer langsung via bank,dll. jika anda belum berpengalaman lebih baik menggunakan transfer langsung. Sekarang ini cara yang kurang aman adalah dengan Kartu Kredit.
  6. Selalu update data software anti virus di komputer.
Semoga dapat membantu yaaa <3

Salam Tya Sinor ; )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar